Redaksi Guru Inovatif

Redaksi

Kunjungi Profil

Literasi Tidak Sekadar Baca Tulis

Menurut KBBI

Literasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah

(1) Kemampuan menulis dan membaca

(2) Pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu

(3) Kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup

Literasi Dasar

Sebagian besar masyarakat mengetahui bahwa literasi pasti berhubungan dengan membaca dan menulis. Namun, kenyataannya literasi tidak hanya sekadar membaca dan menulis. Ada beberapa jenis literasi dasar yang perlu diketahui masyarakat, karena kurangnya keterampilan literasi dapat menahan perkembangan di setiap tahap kehidupan mereka.

Beberapa contoh dari akibat kurangnya keterampilan literasi selain tidak bisa membaca adalah tidak memahami rambu lalu lintas, label harga, petunjuk penggunaan obat-obatan, dan bahkan tidak mampu menggunakan internet. 

Jenis Literasi Dasar

Berikut ini jenis-jenis literasi dasar yang perlu masyarakat terutama untuk tenaga pendidik serta orang tua ketahui:

1. Literasi Baca Tulis

Kemampuan untuk mengenali dan memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat dan digunakan untuk mengembangkan pengetahuan serta potensi dalam dirinya.


 

Proses literasi ini dapat berupa membaca dan menulis secara mandiri ataupun bersama-sama.


 

2. Literasi Numerasi

Kemampuan untuk mengenali dan menggunakan angka maupun simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam kehidupan sehar-hari. Selain itu literasi ini juga berkaitan dengan kecakapan menganalisis informasi dalam bentuk tabel, grafis, dan bagan untuk memprediksi serta menentukan keputusan/kebijakan.


 

Bayangkan saja jika kita pergi berbelanja tetapi tidak membawa uang yang cukup karena tidak paham cara berhitung. Pasti kita yang malu dan rugi betul? 


 

3. Literasi Sains

Literasi ini tentu berkaitan dengan memahami fenomena alam dan sosial yang terjadi di sekitar kita. Hal ini akan berpengaruh dalam mengambil keputusan agar hidup kita nyaman, sehat, dan lebih baik. Literasi sains berperan untuk membentuk pola pikir, karakter, perilaku, rasa peduli, dan tanggungjawab atas dirinya, masyarakat serta alam semesta.


 

4. Literasi Finansial

Berhubungan dengan keuangan atau finansial agar tiap manusia dapat mengelola sumber keuangan secara efektif . Dengan kecakapan literasi finansial, kita dapat mengatur pengeluaran berdasarkan prioritas antara kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.


 

5. Literasi Digital

Literasi digital berhubungan erat dengan kecakapan menggunakan media digital secara beretika dan bertanggungjawab untuk memperoleh dan menyebarkan informasi. Selain itu kecakapan literasi ini juga melatih daya nalar yang kritis, kreativitas, inovasi, memecahkan masalah, berkomunikasi serta berkolaborasi dengan banyak orang.


 

6. Literasi Budaya

Literasi ini berhubungan dengan kecakapan dan pengetahuan dalam memahami, bersikap menerima perbedaan serta beradaptasi terhadap ragam kebudayaan Indonesia. Kecakapan literasi budaya juga dapat menjaga stabilitas budaya dan identitas negara dari pengaruh globalisasi.


 

Sebenarnya perjalanan literasi manusia sudah dimulai ketika ia lahir di dunia. Karena ketika bayi menangis dan tersenyum merupakan komunikasi kepada orang tua mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Peran orang tua dalam perkembangan literasi dasar anak sejak dini sangat penting. Pengembangan literasi dasar ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga dengan memberikan contoh serta praktik yang baik.

Selain itu dengan memperkenalkan literasi dasar juga mendukung kesiapan masyarakat Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan di abad 21 beserta perkembangan globalisasi yang semakin cepat.


 

Literasidasarliterasibacatulisliterasinumerasiliterasisainsliterasifinansialliterasidigitalliterasibudayakurikulummerdeka
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -