Published 13 Des 2022

Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Indonesi

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

Refleksi

Indah Ayu Aininina,S.Pd

Kunjungi Profile
Bagikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran.

  • Kondisi yang melatar belakangi permasalahan ini adalah :
  1. Rendahnya minat belajar peserta didik terhadap pelajaran Sejarah
  2. Peserta masih kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar
  3. Peserta didik sering mengabaikan dan tidak mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru
  4. Kurangnya literasi terhadap materi pembelajaran sejarah sehingga peserta didik kesulitan saat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru
  5. Belum optimalnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif oleh guru
  • Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena:
  1. Sebagian besar guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini
  2. Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya sendiri untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  3. Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi guru lain dalam hal mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
  4. Praktik pembelajaran ini bisa menjadi referensi dan inspirasi guru – guru lain bagaimana cara mengatasi permasalahan pembelajaran ini.
  • Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah :

Sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang kreatif, inovatif dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif sehingga bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada materi Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Indonesia.

  • Tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan adalah :

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan melakukan kajian literatur dan wawancara pendidik, dan pakar, maka beberapa tantangan yang muncul yaitu :

  1. Guru melakukan model pembelajaran yang masih monoton.
  2. Guru terlalu fokus dalam ketuntasan materi.
  3. Pembelajaran yang masih berpusat pada guru.
  4. Siswa yang merasa bosan denganpembelajaran yang ada di kelas.
  5. Faktor pendidik dalam pemilihan media ajar.
  6. Pembuatan LKPD yang menarik untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari peserta didik.

Berdasarkan tantangan yang dihadapi pendidik, langkah – langkah yang harus dilakukan yaitu :

  1. Penggunaan media berbasis IT seperti Power Point, Quiziz, Mentimeter dan Google form untuk menarik perhatian peserta didik agar pembelajaran lebih mudah, lebih berkesan dan lebih menyenangkan
  2. Melaksanakan pembelajaran dengan melibatkan peserta didik secara langsung melalui pembuatan proyek agar mereka bisa berkreasi dan mengekspresikan diri lewat karya yang dibuat
  3. Menyusun bahan pembelajaran materi Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Indonesia yang disertai gambar – gambar menarik sehingga mampu meningkatkan minat literasi siswa pada materi pelajaran Sejarah
  4. Membuat LKPD yang menarik untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik tentang materi yang dipelajari. Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif atara peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.
  • Siapa saja yang terlibat :

Dilihat dari tantangan – tantangan tersebut bisa disimpulkan tantangan yang dihadapi melibatkan guru dari sisi kompetensi pedagogik dan profesional sedangkan dari sisi peserta didik kelas XI adalah keaktifan dan hasil belajar mereka selama proses pembelajaran

  • Berdasarkan tantangan yang harus dihadapi guru, maka langkah – langkah yang digunakan adalah :
  1. Model pembelajaran harus tepat sehingga model pembelajaran Project based learning (PJBL) dengan metode

Diskusi kelompok dimana guru harus menguasai sintaks PJBL

  1. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan metode pembelajaran adalah dengan mengetahui karakteristik materi dan siswa. Guru memilih metode pembelajaran yang akan digunakan yaitu Diskusi dan Tanya – Jawab
  2. Media ajar harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan bahan dan sarana yang ada, media yang dipilih adalah video YouTube dan Powerpoint (PPT)
  3. Dalam meningkatkan keaktifan siswa, strategi yang dilakukan guru adalah dengan merancang pembelajaran dan mengembangkan RPP dengan kegiatan yang berpusat pada siswa
  4. Bahan ajar dan LKPD disusun secara logis, sistematis dan menarik sehingga tujuan pembelajaran tercapai.
  5. Terkait penilaian, strategi yang digunakan berkaitan dengan penilaian adalah pendidik harus melakukan penilaian terhadap peserta didik secara menyeluruh. Pendidik harus menyusun instrumen penilaiannya meliputi, rubrik penilaian, pedoman penskoran. LKPD lembar penilaian, dan laporan hasil penulisannya dikumpulkan kepada pendidik sebelum kegiatan penutup untuk dicek dinilai oleh pendidik.

Sumber daya dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :

  1. Pengetahuan pendidik mengenai materi “Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Indonesia”
  2. Pengetahuan pendidik dalam mengelola model dan media pembelajaran.
  3. Komputer / laptop, Smartphone, dan jaringan internet.
  • Bagaimana dampak aksi dari langkah – langkah yang dilakukan ?
  1. Peserta didik terlibat aktif dalam proses belajar, terlihat pada proses diskusi pada pembelajaran.
  2. Motivasi belajar peserta didik meningkat dibuktikan dengan Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik selama pembelajaran berlangsung.
  3. Penggunaan video pembelajaran dan PPT, bahan ajar dapat membantu pemahaman peserta didik tentang materi “Dampak Penjajahan Bangsa Eropa bagi Indonesia”, dibuktikan dengan nilai sebagian besar peserta didik rata – rata di atas KKM pada saat evaluasi.
  • Apakah hasil praktik pembelajaran efektif ?

Berdasarkan dampak yang terjadi pada praktik pembelajaran kesatu, dapat dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran dilihat dari :

  1. Peserta didik mampu menganalisis dampak penjajahan bangsa barat dalam kehidupan bangsa Indonesia masa kini.
  2. Peserta didik mampu menganalisis dampak penjajahan kondisi sosial,ekonomi,politik,pendidikan,arsitektur di indonesia melalui pembuatan proyek serta mempresentasikan hasil diskusi dan mengerjakan LKPD
  3. Pesrta didik mampu memberikan kesimpulan pada pembelajaran dampak penjajahan kondisi sosial,ekonomi,politik,pendidikan,arsitektur di indonesia
  • Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan ?

Penerapan praktik pembelajaran ini mendapatkan respon yang positif dari kepala sekolah ataupun rekan sejawat, bahkan bahkan peserta didik itu sendiri. Aksi ini juga menginspirasi rekan sejawat untuk melaksanakan pembelajaran dengan model dan media pembelajaran yang inovatif. Respon dari peserta didik, peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan menyenangkan dan mudah dipahami. Kegiatan praktik pembelajaran ini sudah cukup baik dan untuk yang direvisi yaitu pengondisian peserta didik untuk lebih ditekankan lagi, serta pengelolaan waktu dalam pembelajaran untuk diperhatikan.

  • Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan

Faktor keberhasilan ini sangat ditentukan oleh guru sebagai fasilitator mulai dari penggunaaan media pembelajaran, model pembelajaran,langkah – langkah pada RPP dan penyusunan instrumen penilaian (sikap,pengetahuan dan keterampilan). Untuk berkelanjutannya dan semakin meningkatnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kedepannya guru akan lebih inovatif dalam proses pembelajaran salah satunya dengan model pembelajaran PJBL dan menggunakan media saat proses pembelajaran. Selain itu kebutuhan akan support system dari seluruh elemen yang terlibat dalam proses pembelajaran seperti dukungan kepala sekolah, rekan guru serta siswa itu sendiri juga sangat penting.

Penulis: Indah Ayu Aininina,S.Pd

Editor: Putra

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Related Post

Literasi Tidak Sekadar Baca Tulis

Redaksi Guru Inovatif

Aug 08, 2022
2 min
“SelfCare” New Normal Ala Santri Sabilillah Seni Memupuk Karakter Cinta Diri Sendiri

Aisyah fat

Jul 22, 2022
9 min
Menelisik Urgensi Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik

Redaksi Guru Inovatif

Nov 04, 2022
2 min
Teori Kecerdasan Ganda

Redaksi Guru Inovatif

Jul 05, 2022
3 min
ARABIC CAMP SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN YANG INTENSIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB

Aries Fauzan Najib K, S.Pd.

Jul 15, 2022
2 min
Guru Sang Pahlawan Pendidikan

Redaksi Guru Inovatif

Nov 08, 2022
3 min

GuruInovatif.id adalah Platform Online Learning Bersertifikat untuk Guru. Bangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat.


Copyright © 2022. GuruInovatif.id. All rights reserved. Guru Inovatif untuk pendidikan Indonesia