Richard John Bleming Suarubun, S.Si

Guru

Mandiri, pekerja keras, bertanggung jawab dan Sayang Keluarga

Kunjungi Profil

Jiwa Pengorbanan Seorang Guru di Desa Kairatu

Video Karya " Pimpin Pemulihan, Bergerak Untuk Merdeka Belajar ". Oleh. Richard John Bleming Suarubun, S.Si 

Dan masih stay di sini, di naungi suasana Hardiknas yang “Pilu” . Hari ini MInggu 08 Mei 2022 ( Waktu Menunjukkan 14.30 WIT ) hanya untuk Menceritakan pengalaman menjadi seorang Guru, Walau tadinya berlatar belakang pendidikan Non Guru, namun setelah mengikuti Kuliah pendidikan AKTA IV pada Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan  Negeri Ambon sejak tahun 2013 dan Puji Tuhan dapat Menyelesaikan kuliah ini dengan Segala baik dan dibuktikan dengan diterimanya sertifkat AKTA IV. 

Berawal dari Juli 2011, saya pertama kali mulai belajar berakting sebagai seorang guru ( Status guru honor ),tepatnya pada SMK Tunas Timur Kairatu (Sekarang SMK Negeri 11 Seram Bagian Barat ). Waktu terus berjalan dan semakin banyak guru yang mau mengabdikan diri di sekolah ini walau sebagai guru honor hingga tibalah di Bulan November  Tahun 2014 di mana sekolah ini beralih status Ke Sekolah Negeri Menjadi SMK Negeri 4 Kairatu dan setelah perubahan Nomenklatur, barulah menjadi SMK Negeri 11 Seram Bagian Barat. 

Saya Mengampu mata Pelajaran Kimia, dan Perjalanan saya sebagai seorang guru honor sejak tahun 2011 dan baru pada tahun 2021, saya berhasil dan lolos sebagai Guru PPPK Tahap II. 

Sebagai seorang kepala keluarga Profesi yang membantu saya untuk menyambung hidup keluarga juga yaitu, saya sebagai " tukang ojek ", dan profesi yang sangat membantu ini saya jalani sembari menyediakan waktu untuk mengajar di kelas, hal ini karena penghasilan sebagai guru honor yang tidak menentu, entah apa penyebabnya. saya tidak tahu. 

Sisi baik dari pengalaman saya selama menjadi guru sampai sekarang yaitu bahwa : dengan komitmen, kerja keras dan bermodalkan kesabaran, semua pasti membuahkan hasil. itu terbukti ketika saya juga di pilih untuk honor pada Sekolah SMA 22 Seram  Bagian Barat, dan sekolah ini di lengkapi dengan fasilitas Lab Komputer yang memadai, sehingga saya yang hobi bermain komputer pun dapat mengembangkan diri lewat pembelajaran online (Belajar dari Rumah ) dengan memanfaatkan google classrom. 

sampai sekarang teknologi informasi dan komunikasi terus mengalami pembaruan dan itu juga memacu saya, sebagai seorang guru agar sedapat mungkin bisa memperbaharui dan mendalami perkembangan tersebut. Saya punya harapan besar dengan program Guru Penggerak/ Pengajar Praktik ( yang mau di bilang sepi peminat jika dibandingkan dengan PPG ) dapat melahirkan calan pemimpin masa depan yang dapat memajukan pendidikan di Indonesia. 

"Salam Merdeka Belajar_Merdeka Mengajar"

 

JiwaPengorbananSeorangGurudiDesaKairatu
Komentar (0)

Tuliskan Komentar Anda

- Belum ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar -