Diterbitkan 10 Agu 2022

LADAM GANTUNGAN VIJAR: BELAJAR DALAM JARINGAN TUNTAS MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN

      ABSTRAK

Metode Mengajar

Ardi Palipi Simbolon, M.Si

Kunjungi Profile
x
Bagikan

      ABSTRAK

LADAM GANTUNGAN VIJAR: BELAJAR DALAM JARINGAN TUNTAS MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN

Pembelajaran[1] saat pandemi covid-19 melanda dunia, sekolah juga mendapat perhatian khusus untuk menyelesaikan kurikulum yang sudah ditargetkan. Para tenaga pendidik berusaha tetap memberikan pembelajaran walaupun melalui dunia maya atau lebih sering disebut dalam jaringan (daring). Materi pembelajaran dapat juga tersampaikan dengan berbagai cara. Untuk dapat menyelesaikan pembelajaran dan tuntas belajar[3] salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikan video[2] pembelajaran. Para peserta didik dapat memutar kembali materi-materi pelajaran dari video yang sudah disajikan tenaga pendidik.

 

 

Kata kunci: pembelajaran, video ,tuntas belajar

        Akhir tahun 2019 di daerah China ada virus yang berkembang secara pesat, dan menyebar secara cepat dan menimbulkan kematian bagi manusia. Virus ini terus menyebar hampir keseluruh dunia pada tahun 2020. Pada bulan Maret 2020 virus ini juga sudah sampai ke negara Indonesia. Virus itu dikatakan Corona Virus Disease 2019 atau yang biasa disingkat COVID-19. Semua negara mulai awal 2020 mengambil kebijakan untuk menyelamatkan warganya dengan berbagai bentuk salah satunya mengurangi kegiatan diluar rumah dan menghindari kerumunan dan bahkan melarang adanya kunjungan antar daerah maupun antar negara. 

Salah  satunya sektor pendidikan menjadi lumpuh atau pembelajaran tatap muka untuk sementara ditiadakan. Negara Indonesia juga mengalami situasi yang sama, pembelajaran secara formal dihentikan. Indonesia membuat solusi supaya pembelajaran tetap berlangsung maka para pengambil keputusan menyatakan pembelajaran tetap dilakukan dari rumah dengan mengunakan media elektronika. Belajar secara tatap muka pasti sangat berbeda dengan belajar dari rumah. Belajar dari rumah merupakan hal baru pada awalnya karena ada beberapa yang harus dipersiapkan untuk itu. Para guru diwajibkan melakukan pembelajaran dari rumah sehingga target kurikulum yang sudah ditentukan dapat tersampaikan kepada peserta didik dengan baik. Sekolah mendorong semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan agar melakukan pembelajaran dan administrasi tetap berjalan dengan baik walaupun bekerja dari rumah.

Untuk dapat menyelesaikan kurikulum para guru banyak melakukan terobosan-terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi khususnya elektonika. Membuat absensi kehadiran peserta didik dan guru menggunakan google form, belajar dengan aplikasi zoom, melakukan pembelajaran secara live dengan aplikasi facebook, memberikan materi pelajaran di group whatshap. Tentu untuk melakukannya dibutuhkan biaya taambahan, baik untuk guru maupun untuk

Belajar tuntas dapat dilaksanakan dengan media-media pembelajaran yang sesuai dan metode pembelajaran yang sesuai. Saat ini para guru diharuskan untuk melakukan belajar tuntas dengan menggunakan cara-cara atau pendekatan-pendekatan yang cocok untuk peserta didik. Apalagi saat pembelajaran dalam jaringan (daring) para guru tetap harus berusaha agar target kurikulum secara nasional dapat dituntaskan.

Untuk menyampaikan pesan-pesan kepada peserta didik maka dikatakan video pembelajaran. Penerapan video dapat membuat tuntas belajar karena di dalam video dapat didesain daya tarik seperti teks, gambar, suara dan animasi  sebagai penguatan materi pelajaran. Manfaat teks dalam video pembelajaran adalah peserta didik dapat membaca selain mendengar terutama kata yang jarang didengar. Manfaat gambar dalam video pembelajaran, peserta didik dapat melihat benda dan membayangkannya terutama yang tidak dapat dilihat mata telanjang contohnya aliran arus listrik, bakteri, galaksi, organ tubuh bagian dalam dan lainya. Manfaat audio dalam video pembelajaran, untuk menguatkan materi pembelajaran selain membaca teks peserta didik juga dapat mendengarkan langsung dari para gurunya. Manfaat animasi dalam video pembelajaran, menguatkan pengetahuan peserta didik terutama bagian-bagian gerakan yang jarang dilihat langsung, contohnya gerak rotasi dan gereak revolusi Bumi, perpindahan elektron, dan lain-lain. 

Peserta didik akan merasa seperti belajar tatap muka disekolah jika video yang dibuat oleh guru yang bersangkutan, artinya guru itu merekam dirinya sendiri mengajar,mempraktekkan atau mendemonstrasikan materi pelajaran dan mengedit menjadi video. Video tersebut dapat diupload ke whatshap group, facebook group, tiktok, istagram ataupun youtube. Video yang dibuat guru dapat ditonton peserta didik berulangkali sampai mengerti dan memahami serta tujuan pembelajaran yang ditentukan tercapai dengan baik.

Pemberian materi pelajaran dengan media video dapat menumbuhkan minat serta memotivasi untuk selalu memperhatikan pelajaran. Penggunaan video sebagai bahan bantu mengajar memberikan satu pengalaman baru kepada sebilangan pelajar. Dengan penayangan video, pelajar dapat merasa seolah-olah mereka berada atau turut serta dalam suasana yang digambarkan. Sebagai contoh, bagaimana gerak planet-planet mengelilingi matahari dapat ditunjukkan kepada pelajar melalui video. Pengaruh media video akan lebih cepat masuk ke dalam diri manusia daripada media yang lainnya. Karena penayangannya berupa cahaya titik fokus, sehingga dapat mempengaruhi fikiran dan emosi manusia. Dalam kegiatan belajar mengajar, fokus dan mempengaruhi emosi dan psikologi anak didik sangat diperlukan. Karena dengan hal tersebut peserta didik akan lebih mudah memehami pelajarannya. Tentunya media video yang disampaikan kepada anak didik harus bersangkutan dengan tujuan pemebelajaran.

Semakin sering peserta didik menonton video pembelajaran yang diberikan guru, maka semakin banyak pengalaman yang diperoleh peserta didik. Sebaliknya, semakin abstrak peserta didik memperoleh pengalaman, maka semakin sedikit pengalaman yang akan diperoleh peserta didik. Untuk membuat video pembelajaran semakin konkret guru harus lebih jeli mendesain dan memilih fitur-fitur yang mendukung. 

Berikut ini contoh-contoh video pembelajaran. Contoh video pembelajaran tanpa melakukan desain tambahan https://youtu.be/4E66U3Z8VZA pokok bahasan Gaya, contoh video pembelajaran dengan menambahkan animasi https://youtu.be/S7S7jA1VzkU pokok bahasan Listrik Statis, contoh video pembelajaran didesain menggunakan aplikasi bandicam ditambah dengan demonstrasi dan praktek https://youtu.be/BiYMX_pOfDw pokok bahasan Pengukuran, sub pokok bahasan jangka sorong dan mikrometer skrup. Contoh video pembelajaran dibuat saat pembelajaran dilaksanakan secara zoom dan direkam https://youtu.be/TPvbSKWCseA pokok bahasan Tekanan Zat Cair, selanjutnya dibagikan ke peserta didik untuk dapat mengulang kembali. Contoh video pembelajaran dengan melakukan demonstrasi dan praktek langsung https://youtu.be/Y10w4wgkbcs pokok bahasan Gelombang.       

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

                                                                                  

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      

 

 

                                               

0

0

Komentar (0)

-Komentar belum tersedia-

Buat Akun Gratis di Guru Inovatif
Ayo buat akun Guru Inovatif secara gratis, ikuti pelatihan dan event secara gratis dan dapatkan sertifikat ber JP yang akan membantu Anda untuk kenaikan pangkat di tempat kerja.
Daftar Akun Gratis

Artikel Terkait

5 Aplikasi Penting untuk Guru dalam Proses Pembelajaran Daring

Dwita Nurcahyani

Sep 17, 2021
2 min
Tips Menciptakan Pembelajaran yang Menarik dan Kreatif

Dwita Nurcahyani

Sep 17, 2021
2 min
RINDU BERKOMUNIKASI LANGSUNG DENGAN TEMAN

Abu Hanifah

Jul 01, 2022
1 min
Belajar Public Speaking, Tips Lancar Ngomong Saat Presentasi

Reezky Pradata

Sep 10, 2021
1 min
5 Manfaat Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa: Solusi Efektif dalam Pembelajaran
4 min
“TeachTok”: Metode Belajar Paling Efektif yang Membantu Guru Terhubung dengan Siswanya Lewat Aplikasi TikTok

ROMI SAPUTRA

Sep 15, 2023
8 min

Guru Inovatif

Jam operasional Customer Service

06.00 - 18.00 WIB